Minggu, 02 September 2012

ADA APA?


Tidak tau apa yang sedang terjadi. “Ada apa sih” pertanyaan itu yang berulang kali bintang pertanyakan ke dirinya sendir. Tidak mengerti apa yang sedang terjadi, hanya bisa merasakan ada sesuatu hal yang sedang tidak sesuai, sedang tidak beres. Namun tidak mengerti apa penyebabnya. ‘apa aku yang salah?’ pertanyaan itu muncul seketika di pikiran bintang, tiba-tiba, tanpa dasar yang kuat, tanpa alasan yang kuat, lagi-lagi hanya perasaan bintang yang berbicara seperti itu.
Bintang pun bertanya kepada bulan tentang apa yang sedang ia rasakan, mengapa dia menjadi diam. Bualn memberikan serentetan penjelasan, memberikan sedikit keluh kesah yang ia rasakan, seketika mendengar penjelasan bulan, pikiran bintang langsung tertuju ‘apa aku salah?’, pertanyaan itu belum bisa terjawab muncul pertanyaan yang lain, ‘kalau aku salah, aku salah di bagian mana?’. Pertanyaan itu selalu terulang. Dan bintang tidak menemukan jawaban dari semua pertanyaannya itu, bintang butuh bantuan orang lain untuk menjawab pertanyaannya. Setidaknya untuk memberikan titik terang dari apa yang ia rasakan. Ia sudah bingung ingin bertanya dengan siapa, perasaan dan hatinya yang setiap kali diajak berdialog tidak membuahkan hasil apa-apa.

Hanya bulan mungkin yang mengerti dan bisa menjawab pertanyaannya bintang, dari sudut pandang bulan orang yang paling dekat dengannya dan sekaligus kekasihnya. Salah satu orang mungkin bisa menjawab pertanyaannya.

Bintang sudah coba bertanya dengan bulan, namun bukan jawaban yang di dapat melainkan pertanyaan yang di dapat. ‘kmu ngerasa salah?’. Bintang semakin bingung, bintang tidak mengerti apa yang sedang terjadi, dan pertanyaan bulan pun tidak bisa di jawab, bintang hanya bisa diam. Berfikir. Dan terus bertanya-tanya dengan dirinya sendiri. Entah kapan pertanyaan itu akan terjawab, bintang hanya bisa berusaha untuk jadi yang terbaik, semampunya, sekuat dia. Selebihnya bintang hanya menyerahkan kepada tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar