Minggu, 29 November 2009

BERKAH HARI RAYA

Tanggal 27 november 2009 tepatnya hari jum’ at adalah hari raya idul adha atau sering disebut hari raya kurban. Karena pada hari raya ini, ada hewan yang di kurbankan. Atau biasanya idul adha juga di sebut dengan “lebaran haji”. Pada tahun ini, saya berkesempatan untuk lebaran di serang, meskipun saya gak solat ied karenakan hari jum’ at pagi baru sampai serang. Memang di sayangkan karena gak bisa sola tied, tapi apa mau dikata. Memang solat ied buat hari raya idul adha gak wajib, berbeda dengan solat idul fitri. 

Begitu saya sampai di serang, seperti biasa yang dilakukan yaitu, bermaaf-maafan terlebih dahulu dengan keluarga, maaf-maafan udah selesai, langsung menyantap makanan yang udah ada. hari itu terasa cepat sekali, waktu puu terus berjalan, dan siang harinya sekitar jam satu siang, acara yang lain pun di mulai, yaitu acara bakar membakar. Kali ini kita bakar ikan, kenapa ikan? Karena pemotongan hewan kurban baru di lakukan esok harinya. Jadi, kita bakar ikan aja dulu.

Setelah semua siap, ikan, bumbu, alat pembakarannya, dan lain-lain siap, sekarang saatnya utuk mulai membakar. Terus mengipas ngipas, ikan pun di bolak balik biar tidak gosong, dan sekali-sekali di berikan bumbu, biar tambah top markotop. Sekitar 8 ikan gurame di bakar, aroma sedap telah tercium, tandanya ikan perlahan-lahan matang, dan siap untuk di nikmati. Sekitar setangah sampai satu jam membakar, akhirnya ikan pun siap untuk di santap berasama-sama. Ikan pun di santap dengan nasi yang panas, sehingga memberikan kenikmatan tersendiri. Makan pun terasa nikmat, hingga semua ikan dan nasi tidak tersisia, semua menyantap dengan nikmat. Ya, acara bakar membakar hari itu selesai, namun tenang saja, esok hari akan berlanjut lagi, aka nada bakar membakar edisi ke dua. Heheheh

 

ESOK HARINYA (sabtu)

Hari ini, aka nada pembakaran yang ke dua, pagi –pagi mamah dan yang lain sudah ada di mesjid untuk menyaksikan pemotongan hewan kurban. Ada beberapa hewan yang di kurbankan yaitu, kambing, kerbau, dan sapi. Setelah menyaksikan pemotongan hewan kurban. semua kembali kerumah, menunggu pembagian daging dari panitia. Setelah menunggu, akhirnya kita pun mendapat bagian dari hewan kurban itu, kita kebagian daging kerbau. Gak tinggal diam, semuanya bergegas menyiapkan segala sesuatunya, mulai dari memotong daging untuk di jadikan sate, menyiapkan bumbunya, menyiapkan bara apinya, dan lain-lain. Setalah semua sudah siap, daging kerbau yang berubah menjadi sate kerbau akhirnya di bakar, dan jadi sate kerbau yang sangat nikmat. Sekitar setengah jam proses pembakaran sate, dan akhirnya kita menikmati sate itu dengan bumbu kecap tentunya, sehingga sate terasa lebih nikmat. 
Setelah makan selesai, semua membereskan dan sedikit bersantai. Saya sempat tertudur karena kekenyangan menikmati sate. Setelah tidur yang cukup lama, saya pun terbangun dan saya baru menyadari kalau sudah magrib, dan saya pun bergegas untuk mandi. Karena rencananya male mini saya mau ketemu teman lama. Hahaha

Setelah aktivitas selesai dari madi hingga solat, gw pun bersiap untuk berangkat. Namun sebelum berangkat, gw memastikan bisa ketemu sama tu orang, jadi gw sms dulu deh orangya buat mastiin. Setelah sms, gw gak dapet balesan apa-apa dari dy, setelah gw liat, ternyata sms yang gw kitim pending. Yaudah disitu gw piker, wah mungkin hari ini emang gak bisa ketemu sama dy, jadi gw mutusin untuk pergi aja, tapi gak ketemu dy. Gw pun pergi, sebelumnya gw udah sms haris buat ikut gw, Cuma sekedar main-main atau muter-muter aja. Haris OK, gw pun berangkat menuju rumah haris. 

Gw sama haris juga bingung mau kemana, pertama ke cilegon, mungkin ada tempat enak buat nongkrong atau apa, tapi sepanjang jalan gw gak liat, begitu pun haris.  karena gw sama haris gak tau tempat yang enak, gw pun balik lagi ke serang, gw putusin buat cari tempat di serang aja. Setelah muter-muter, gw juga gak nemuin tempat yang enak, dan tiba-tiba HP gw bunyi bertanda ada SMS yag masuk. Setelah gw buka, ternyata dari temen gw, yang isi smsnya, “kerumah ini sekarang ya, ditunggu”. Wah gw langsung kaget waktu baca sms itu, gw mikir dulu coz gw gak enak sama si haris, terus gak lama dy telpon gw, dy nyuruh gw ke rumah dy, buat maen-maen coz udah lama juga gak ketemu. Terus gw bilang sama haris, gw Tanya sama dy tapi belum sempet haris jawab mobil gw udah menuju rumah dy aja seakan tidak sabar badan ini buat ketemu dy. Sekitar 7 menit, gw udah sampe di rumahnya.

sampai di rumah dy.

Sesampai di rumahnya, gw pun turun dari mobil. Nunggu sekitar 3 menit, akhirnya orangnya keluar juga dari rumah. Awalnya sig w biasa aja liat dy, mungkin Cuma dari jauh aja kali ya, tapi pas gw deket sama dy, DAMN!!! Sumpah beda banget dari yang dulu, gendutan dikit, tampah putih, wah pokoknya beda dah. Mana “sumeringah” lagi. Gw pun ngobrol sama dy, lumayan lama sekitar dua jam lah, jadi gw ngobrol ber empat, gw, haris, dy, dan temen dy. Gw juga gak ngerti apa yang di obrolin, gak jelas apa si yang di obrolin, tapi gw OK OK aja, heheh

Setelah kurang lebih dua jam ngobrol dan becanda-becanda gak jelas, gw sama haris pamit pulang sama dy. Gw akuain hari itu dy ok banget, anggun banget. Pokoknya pas dah. Memang hari raya penuh dengan berkah, gak Cuma bisa ketemu sama keluarga dan sanak saudara, di hari raya juga bisa ketemu sama “temen” lama. Memang gak nyangka. Berkah di hari raya idul adha. Wakru idul fitri kemaren gw jadian sama cwe, dan sekarang idul adha gw ketemu sama temen lama, sungguh sangat indah berkah hari raya.

semua gak akan pernah terlupakan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar